PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Penulis

  • Irene Vania Lumbantobing STKIP Riama Medan

Kata Kunci:

numbered heads together, hasil belajar, termokimia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa di SMAN 10 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pre-tes dan postes. Sampel penelitian secara teknik random sampling, Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan instrumen tes hasil belajar. Tes berupa pilihan berganda sebanyak 20 soal. Dari analisa data untuk kelas eksperimen diperoleh pre-tes (53,194 ± 10,43) dan pos-tes (81,53 ± 17,395). Pada kelas kontrol diperoleh pre-tes (50,94 ± 10,91) dan pos-tes (67,027 ± 9,38). Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji ttabel satu pihak pada  = 0,05 dan dk = 78 diperoleh thitung > ttabel atau (3,453) > (1,6687) maka Ha diterima, peningkatan hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan model pembelajaran
kooperatif tipe nht (numbered heads together) lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi Termokimia di SMAN 10 Medan.

Referensi

Arends, Richard. I. (2008). Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dimyanti dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hobri. (2009). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jawa Timur: FKIP Universitas Jember.

Ibrahim, M. dkk.(2002). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Sagala, S. (2004). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, E. R. (2010). Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, N. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Unduhan

Diterbitkan

2018-12-03

Cara Mengutip

Lumbantobing, I. V. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. REKOGNISI : Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan (E-ISSN 2599-2260), 3(2), 120–129. Diambil dari https://jurnal.unusu.ac.id/index.php/rekognisi/article/view/105

Terbitan

Bagian

Articles