PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS KETERAMPILAN SOSIAL UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR 060912 MEDAN DENAI
Kata Kunci:
bahan ajar, keterampilan sosialAbstrak
Tujuan penelitian untuk mengembangkan bahan ajar IPS berbasis keterampilan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (Research And Development/R&D), langkah- langkah yang dilaksanakan adalah (1) Perencanaan dan Pengembangan,(2) Keefektifan Produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pemahaman anak tentang keterampilan sosial mengalami peningkatan. hal ini terlihat pada hasil pre test dan pos test yang dilakukan peneliti pada kelompok kecil dan kelompok besar (terbatas). Hasil pre test kelompok kecil sebesar 5,2% dan post test sebesar 8 % artinya terjadi peningkatan sebesar 2,8 % sedangkan untuk kelompok besar pre test sebesar 5,97% dan pos testnya 8 % artinya terjadi peningkatan sebesar 2,1 %. (2) keefektifan produk mendapatkan nilai yang baik terbukti dari ketiga validator untuk aspek kelayakan isi skor rata-rata 3,69 (92%), aspek kelayakan penyajian skor rata-rata adalah 3,23 (80,77%), dan yang terakhir aspek kelayakan bahasa skor rata-rata adalah 3,5 (87,5%). Dampak dari penggunaan bahan ajar IPS berbasis keterampilan sosial dapat membuat anak belajar dengan senang, aktif dan suasana belajar menjadi menyenangkan dan anak lebih memahami tentang keterampilan sosial.
Referensi
Arman. 2011. Keterampilan Sosial. Online, (http://pendidikannasionalarman.blogspot.com/2011/02/keterampilan-sosial.html) di akses pada tanggal 23 Agustus 2015.
Belawati, Tian. 2003. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Mariyani, E. dan Syamsudin, H. 2009. Pengembangan Program Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial. Jurnal Penelitian Vol.9 No.1. Online, https://id.wikipedia.org/wiki/Sekolah_dasar, diakses Nopember 2015.
Sani. Ridwan. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Santrock, Jhon. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.
Susanto, A. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 REKOGNISI : Jurnal Pendidikan dan Kependidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.