PENGUASAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA MATERI DAUR ULANG AIR MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LERANING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDIT AL-KHAIR KABUPATEN DELI SERDANG T.A 2019/2020
Kata Kunci:
Contextual Teaching And Learning, IPA, Lembar Kerja Siswa, Pembelajaran, PengembanganAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, keefektifan dan kepraktisan LKS berbasis CTL. Meningkatkan hasil belajar IPA materi daur ulang air menggunakan model contextual teaching and learning siswa kelas V SD IT Al-khair. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan metode penelitian dari Sugiono (2015: 409), terdiri dari beberapa tahap, meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data. Subjek peneletian ini adalah siswa kelas V SD IT Alkhair.Percobaan pretest dan posttest dilakukan dikelas V dengan jumlah siswa 24 siswa.Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase dan uji gain. Berdasarkan validasi dari ahli materi, media dan guru. Didapatkan persentase dan kriteria kelayakan isi 86,5% (sangat layak), kelayakan penyajian 75% (layak), dan penilaian kebahasaan 85% (layak), LKS berbasis CTL berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif yang ditunjukkan dengan nilai signitifikasi uji t bernilai 0.000 0<0,05. Uji gain sebesar 0,37 dengan kriteria sedang, persentase respon guru dan siswa setelah penggunaan LKS berbasis CTL secara klasikal 81,15% dengan kriteria positif. Simpulan penelitian ini adalah LKS yang dikembangkan berkarakteristik CTL, LKS valid, meningkatkan hasil belajar dan praktis untuk pembelajaran IPA. Saran yang dapat disampaikan yaitu LKS berbasis CTL pada pembelajaran IPA materi daur air dapat digunakan sebagai bahan ajar alternatif disekolah, dalam mengembangakan LKS berbasis CTL harus sesuai dengan komponen dalam CTL, dalam mengembangkan LKS berbasis CTL guru sebisa mungkin mengembangkan kreatifitas dan inovasinya guna tercipta kegiatan siswa yang menarik dalam LKS
Referensi
Aqib, Zinal. 2014.Model-model, media, dan strategi Pembelajaran Kontekstual (inivatif). Bandung: Yrama widya.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Awalluddin, dkk. 2008. Statistika pendidikan.Jakarta : Dirjen Dikti Depdiknas.
Azmiyawati, Choiril. 2008. IPA Salingtemas untuk kelas V SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Badan Penelitian dan pengembangan. 2007. Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum SD. Pusat Kurikulum Depdiknas.
BSNP.2006. Standar Isi untuk Stuan Pendidikan Dasar dan Menengah.Jakarta: Depdiknas.
BSNP. 2007. Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan dasar dan Menengah. Jakarta : Depdiknas
Cain, Sandra E. and Jack M. Evans.Sciencing. Colombus: Merill Publishing Company.
EQAO. 2012. Trends in Internasional Mathematics and Science Study (TIMMS0 2011.Ontario: EQAO.
Glynn, Shawn M. And Linda K. Winter. 2004. Contextual Teaching and Learning Of Science in Elementary Schools. Journal of Elementary Science Education Vol 16 (2) 51-63.
Helminsyah dan Anwar Husein.2012. Pengaruh Pembelajaran CTL DalamMeningkatkan Ketuntasan Prestasi Belajar IPA Pada SIswa Kelas V SD Negeri 8 Banda Aceh.Jurnal Tunas Bangsa 70-86
Rahmawati, Ery. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar Vol 1 (1) 97-101.
Haryanto. 2012. Sains Untuk SD/MI Kelas V. Jakarta : Erlangga.
Johnson, E.B 2010.Contextual Teaching and Learning.Trans. Ibnu Setiawan.Bandung : Penerbit Khaifa.
Komalasari, kokom. 2014. Pembelajaran kontekstual. Bandung : PT Refika Aditama.
Purwanto, Andy. 2015. Panduan kreatif Membuat Bahan ajar Inovatif. Jogjakarta : DIVA Press.
Purwanto. 2011. Statistika untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Priyanto, Duwi. 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta Mediakom.
Raub, Ltifah Abdul, dkk. 2015. An Integrated model to implement contextual learning with virtual Learning Environment For Promoting Higher Order Thingking Skills In Malaysian Secondary Schools. International Education Studies Vol. 8, No 13.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Jakarta :Raja Grafindo Persada.
Samotawa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di sekolah Dasar. Jakarta: Indeks
Sulistyanto, Heri dan Edy Wiyono. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI Kelas V. Jakarta : Pusat perbukuan DEPDIKNAS
Wisudawati, Asih widi dan Eka Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 REKOGNISI : Jurnal Pendidikan dan Kependidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.