PENGARUH MEDIA STIMULASI GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DI KELAS II SD NEGERI 105286 TANDAM HILIR I
Kata Kunci:
Media Stimulasi Visual, Kemampuan Membaca, Siswa Sekolah DasarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengevaluasi kemampuan membaca siswa kelas II sebelum diberi stimulasi visual di SD Negeri 105286 Tandam Hilir I, dan (2) Menguji serta menganalisis apakah metode stimulasi visual dengan menggunakan media gambar berpengaruh terhadap kemampuan membaca siswa kelas II di SD Negeri 105286 Tandam Hilir I. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas II di SD Negeri 105286 Tandam Hilir I, berjumlah 19 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain penelitian yang diterapkan adalah One Group Pretest-Posttest. Dalam uji coba ini, tidak digunakan kelompok kontrol. Desain ini dilakukan dengan membandingkan hasil pretest dengan posttest pada kelompok yang diuji. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengamatan dan perhatian siswa terhadap gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca mereka. Terdapat perbedaan nilai pretest dan posttest siswa kelas II di SD Negeri 105286 Tandam Hilir I.
Referensi
Amir, Almira. 2016. Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Eksakta. Vol. 2. No. 1
Ardiani, Angginia Danni. 2016. Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Anak Berkesulitan Belajar Membaca Siswa kelas V di sekolah dasar Bangunrejo 2 yogyakarta, Jurnal Widia Ortodiktika Vol 5 No 12.
Ariyati, Tatik. 2015. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Penggunaan Media Gambar Berbasis Permainan (Penelitian Tindakan di Taman Kanak-kanak ‘ Aisyiyah 5 Rawalo Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas Jawa Tengah Kelompok B, (Tesis, Program Pascasarjana Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas negeri Jakarta)
Arsyad, A. (2019). Media pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.
Bandura, A. (1986). Social foundations of thought and action: A social cognitive theory. Prentice-Hall.
Daryanto. (2016). Media pembelajaran. Gava Media.
Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2002). Instructional media and technologies for learning (7th ed.). Pearson Education.
KBBI, Kemampuan Membaca, (Diakses dari https://kbbi.web.id, 2019)
Mayer, R. E. (2005). The Cambridge handbook of multimedia learning. Cambridge University Press.
Munawaroh, Madinatul dan Novi Trisna Anggrayni. 2015. Mengenali TandaTanda Disleksia Pada Anak Usia Dini, ProsedurSeminar Nasional PGSD UPY Dengan tema Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar Ketika Murid Anda Seorang Disleksia.
Rehansyah, Viany. 2015. Penyuluhan Disleksia, (dari edoc.site/disleksia-2-pdffree.html)
Rohmah, S. (2022). Kesulitan membaca pada anak usia sekolah. Literasi Nusantara.
Rosyida, Fathia. 2018. Pengaruh Kemampuan Membaca dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia, (JPE: Jurnal Pendidikan Edutama, Vol. 5, No. 1.
Sari, Elista Andar. 2016. Prevalensi Anak Berkesulitan Belajar Membaca Disleksia Di Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Pendidikan Khusus. Vol. 9, No.1.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya (5th ed.). Rineka Cipta.
Sriani, Denik. 2015. Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Media Kartu Huruf Bergambar Pada Anak Kelas A Kelompok Bermain Bunga Bangsa Kecamatan
Sudarwanto, Wisnu, dkk. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT Berbantuan Media Stimulasi Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD Semester 1 Tahun 2017 / 2018. Jurnal Kalam Cendekia, Volume 6, Nomor 3.1.
Suhendri, M., & Susilowati, D. (2023). Pembelajaran Bahasa Indonesia: Pendekatan dan strategi. Pena Satu.
Suparno, S., & Yunus, M. (2010). Strategi pembelajaran aktif di sekolah. PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenadamedia Group.
Tomlinson, C. A. (2001). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms (2nd ed.). ASCD.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 REKOGNISI : Jurnal Pendidikan dan Kependidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.