MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 106184 SEKIP T.A 2020/2021
Kata Kunci:
Teori Belajar, Model Group Investigation, Pelajaran IPSAbstrak
Studi ini menginvestigasi penerapan model pembelajaran Group Investigation untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 106184 Sekip pada tahun ajaran 2020/2021. Teori yang menjadi landasan meliputi konsep belajar, aktivitas belajar, dan model pembelajaran Group Investigation. Metode penelitian menggunakan model pembelajaran kooperatif ini, dengan fokus pada partisipasi siswa dalam mencari dan memahami materi pelajaran secara mandiri. Hasil dan analisis penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa. Data dari angket pra siklus menunjukkan bahwa hanya 21% siswa yang aktif, sedangkan 79% siswa tidak aktif. Pada siklus I, jumlah siswa aktif meningkat menjadi 44,12%, dan pada siklus II, seluruh siswa terlibat aktif dengan persentase 100%. Hasil rata-rata persentase angket aktivitas belajar juga mengalami peningkatan dari 62,97% pada siklus I menjadi 87,23% pada siklus II. Penelitian ini menegaskan bahwa model pembelajaran Group Investigation dapat menjadi strategi yang efektif dalam mendorong partisipasi aktif siswa dan meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas, khususnya dalam konteks mata pelajaran IPS di tingkat sekolah dasar.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Aqib, Zainal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Dalyono. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.
Dimyati, Mudjiono. 2013. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Islamiyah, Wasik. 2016. Aktivitas Belajar. Bandung: Yrama Widya.
Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Jauhari, Mohammad. 2011. Implementasi Paikem. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Jayawardana, Hepta. 2013. Aktivitas Belajar Siswa. Jakarta: Bumi Aksara.
Kurniasih, Imas & Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.
Nurochim. 2013. Perencanaan Pemebelajaran Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Sagala, syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press. Sohimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.
Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Yamin, Martinis. 2010. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 REKOGNISI : Jurnal Pendidikan dan Kependidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.