Efektivitas Metode Daring terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas II SDN 104214 TA. 2020/2021
Kata Kunci:
Efektivitas Pembelajaran Daring, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Metode Tatap Muka, Eksperimen SemuAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode daring dibandingkan dengan metode tatap muka dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SDN 104214 selama tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan dua kelompok: eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan meliputi pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar serta lembar observasi untuk keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode tatap muka lebih efektif dibandingkan dengan metode daring, terlihat dari perbedaan signifikan pada nilai rata-rata post-test antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Selain itu, observasi menunjukkan adanya kekurangan dalam pelaksanaan metode daring seperti kurangnya interaksi dan keterlibatan siswa. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan strategi pembelajaran daring yang lebih interaktif untuk meningkatkan efektivitasnya.
Referensi
Ahmad Susanto. (2013). Evaluasi Pembelajaran: Strategi meningkatkan kualitas dan hasil pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Djamarah, S. B. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.
Khusnul, K. (2016). Pembelajaran Daring sebagai Alternatif Belajar di Era Global. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mulyasa, E. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudarwan Danim. (2011). Inovasi Pendidikan: Dalam Upaya Meningkatkan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Sudijono, A. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 REKOGNISI : Jurnal Pendidikan dan Kependidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.