Hubungan Kedisiplinan Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 106170 Ajibaho 2020/2021
Kata Kunci:
Disiplin, Motivasi, SiswaAbstrak
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa yang dikarenakan tingkat kedisiplinan siswa yang juga rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat hubungan yang terjadi antara kedisiplinan siswa dengan motivasi belajar siswa kelas IV SDN 106170 AJIBAHO Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 76 orang siswa yang berasal dari siswa kelas IV SDN 106170 AJIBAHO Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan dua tahap, tahap pertama yaitu uji coba angket, kemudian tahap kedua adalah penyebaran angket pada seluruh sampel kelas IV SDN 106170 AJIBAHO Tahun Ajaran 2020/2021. Variabel dalam penelitian ini ada dua, kedisiplinan siswa sebagai variabel bebas dan motivasi belajar siswa sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus analisis Korelasi Product Moment, determinasi dan uji t. Dari hasil perhitungan, tingkat kecendrungan variabel x (kedisiplinan siswa) termasuk dalam kategori cenderung sedang. Sedangkan tingkat kecendrungan variabel y (motivasi belajar siswa) termasuk dalam kategori cenderung sedang juga. Hasil perhitungan uji t menunjukkan bahwa thitung = 8,85 sedangkat ttabel = 1,99 dengan dk=n-2 pada taraf signifikan alpha=0,05 , dengan demikian hipotesis yang menya akan “terdapa hubungan antara kedisiplinan siswa dengan motivasi belajar siswa pada siswa kelas IV SDN 106170 AJIBAHO Tahun Ajaran 2020/2021” teruji kebenarannya (Ha diterima dan signifikan karena thitung > tabel.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2003. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Lubis, Zulkarnain. 2010. Penggunaan Statistika dalam Penenelitian Sosial. Medan: Perdana Publishing.
Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Professional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Restianti, Hetti. 2011. Praktik Disiplin dalam Keseharian. Jakarta: Kreasindo.
Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sardiman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Slameto 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Starawaji. 2009. Kedisiplinan guru. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Displin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo
Uno, B.Hamzah. 2013. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 REKOGNISI : Jurnal Pendidikan dan Kependidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.