PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SD NEGERI 101766 BANDAR SETIA
Kata Kunci:
pendekatan saintifik, Hasil Belajar, pendidikan dasar, Penelitian Eksperimen, keterlibatan siswaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa kelas III dalam mata pelajaran IPA di SD Negeri 101766 Bandar Setia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk membandingkan efektivitas pendekatan saintifik dengan metode pengajaran tradisional. Populasi penelitian ini terdiri dari 50 siswa kelas III yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menggunakan pendekatan saintifik dalam pembelajaran, sedangkan kelompok kontrol diajar dengan metode konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar, serta observasi dan kuesioner untuk menilai keterlibatan siswa dan umpan balik dari guru. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada nilai posttest kelompok eksperimen, menunjukkan bahwa pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan pemahaman dan retensi siswa dalam pelajaran IPA. Studi ini menekankan pentingnya adopsi metode pengajaran yang interaktif dan berpusat pada siswa untuk meningkatkan hasil belajar.
Referensi
Haryati, S. (2020). "Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa." Jurnal Pendidikan, 12(2), 85-92.
Hidayati, N. (2019). "Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar." Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(1), 73-81.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Johari, M. (2018). "Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Biologi: Studi Eksperimen di Sekolah Menengah." Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(3), 125-133.
Mulyasa, E. (2014). Kurikulum yang Disempurnakan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sumayasa, M. (2015). Inovasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syah, M. (2012). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 REKOGNISI : Jurnal Pendidikan dan Kependidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.