PENGARUH GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP MINAT DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 100311 PALSABOLAS
Kata Kunci:
Guided Discovery Learning, kemampuan pemecahan masalah matematika, minat belajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode Guided Discovery Learning dalam meningkatkan minat dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SDN 100311 Palsabolas. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental dengan nonequivalent control group design. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN 100311 Palsabolas, sebanyak 72 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan metode Guided Discovery Learning lebih tinggi dibandingkan dengan metode konvensional. Uji hipotesis menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Dengan demikian, metode Guided Discovery Learning efektif dalam meningkatkan minat dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Referensi
Abimanyu, S., dkk. (2007). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Nasional.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Aisyah, N., dkk. (2007). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Nasional.
Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Budhayanti, C.I.S. (2008). Pemecahan Masalah Matematika. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Nasional.
Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar. Bandung: CV. Yrama Widya.
Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: IKIP MALANG.
Mayer, R.E. (2004). Should There Be a Three-Strikes Rule Against Pure Discovery Learning? American Psychologist, 59(1), 14-19.
Musfiqon. (2012). Panduan Lengkap Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 REKOGNISI : Jurnal Pendidikan dan Kependidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.