PENGARUH GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP MINAT DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 100311 PALSABOLAS

Penulis

  • Safri Harahap Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara
  • Leni Malinda Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara

Kata Kunci:

Guided Discovery Learning, kemampuan pemecahan masalah matematika, minat belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode Guided Discovery Learning dalam meningkatkan minat dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SDN 100311 Palsabolas. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental dengan nonequivalent control group design. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN 100311 Palsabolas, sebanyak 72 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan metode Guided Discovery Learning lebih tinggi dibandingkan dengan metode konvensional. Uji hipotesis menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Dengan demikian, metode Guided Discovery Learning efektif dalam meningkatkan minat dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Referensi

Abimanyu, S., dkk. (2007). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Nasional.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aisyah, N., dkk. (2007). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Nasional.

Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Budhayanti, C.I.S. (2008). Pemecahan Masalah Matematika. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Nasional.

Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar. Bandung: CV. Yrama Widya.

Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: IKIP MALANG.

Mayer, R.E. (2004). Should There Be a Three-Strikes Rule Against Pure Discovery Learning? American Psychologist, 59(1), 14-19.

Musfiqon. (2012). Panduan Lengkap Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-03

Cara Mengutip

Harahap, S., & Malinda, L. (2024). PENGARUH GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP MINAT DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 100311 PALSABOLAS. REKOGNISI : Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan (E-ISSN 2599-2260), 9(1), 21–28. Diambil dari https://jurnal.unusu.ac.id/index.php/rekognisi/article/view/168

Terbitan

Bagian

Articles