TRANSFORMASI PENDIDIKAN DASAR: PERAN KETERAMPILAN ABAD KE-21 DALAM PEMBELAJARAN SEHARI-HARI

Penulis

  • Irma Pratiwi Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Transformasi Pendidikan, Keterampilan Abad ke-21, Pendidikan Dasar

Abstrak

Transformasi pendidikan dasar merupakan tuntutan mutlak di era digital saat ini, khususnya melalui integrasi keterampilan abad ke-21 ke dalam pembelajaran sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran penting keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran di tingkat sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR), dengan mengkaji secara sistematis 15 artikel jurnal dan 5 buku relevan yang dipublikasikan dalam rentang waktu 2018-2024. Artikel dan buku ini dianalisis berdasarkan relevansi terhadap integrasi keterampilan abad ke-21 dalam konteks pendidikan dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan abad ke-21 seperti kreativitas, kolaborasi, komunikasi, dan berpikir kritis sangat berperan dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran di sekolah dasar. Implementasi keterampilan ini telah terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, memperkuat karakter siswa, dan meningkatkan kesiapan siswa dalam menghadapi tantangan global. Oleh karena itu, integrasi keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran sehari-hari menjadi solusi esensial bagi pendidikan dasar untuk mempersiapkan generasi masa depan yang lebih adaptif dan inovatif.

Referensi

Anderson, L. W. (2010). Increasing teacher effectiveness. UNESCO.

Brown, J. S. (2015). Learning in the digital age. Harvard Business Press.

Cropley, A. J. (2011). Creativity in education and learning: A guide for teachers and educators. Routledge.

Epstein, J. L. (2011). School, family, and community partnerships: Preparing educators and improving schools. Routledge.

Kemdikbud. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Larson, L. C., & Miller, T. N. (2011). 21st-century skills: Prepare students for the future. Kappa Delta Pi Record, 47(3), 121–123. https://doi.org/10.1080/00228958.2011.10516575

OECD. (2018). The future of education and skills: Education 2030. OECD Publishing.

Rahman, A. (2021). Pengembangan keterampilan berpikir kritis melalui pembelajaran berbasis proyek. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 180–195. https://doi.org/10.17509/jpd.v12i2.34678

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran abad ke-21: Strategi, metode, dan teknik inovatif. Bumi Aksara.

Saputra, H. (2020). Efektivitas model pembelajaran kolaboratif dalam mengembangkan komunikasi siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 33–45. https://doi.org/10.26877/jipd.v7i1.5280

Susilowati, E., & Setyorini, A. (2022). Peran guru dalam implementasi keterampilan abad ke-21. Jurnal Edukasi Guru, 6(3), 200–210. https://doi.org/10.31227/osf.io/7mj62

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. Jossey-Bass.

Wijaya, A., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2019). Implementasi pembelajaran abad 21 dalam Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(1), 53–67. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1245

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30

Cara Mengutip

Pratiwi, I. (2024). TRANSFORMASI PENDIDIKAN DASAR: PERAN KETERAMPILAN ABAD KE-21 DALAM PEMBELAJARAN SEHARI-HARI. REKOGNISI : Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan (E-ISSN 2599-2260), 9(2), 46–51. Diambil dari https://jurnal.unusu.ac.id/index.php/rekognisi/article/view/199

Terbitan

Bagian

Articles