GOOGLE SITES SEBAGAI FORTOFOLIO DIGITAL PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI. NO. 09550 SIANTAR
Kata Kunci:
Google sites, Portofolio Digital, SD Negeri No. 095550, Pembelajaran, Penelitian Tindakan KelasAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan Google Sites sebagai portofolio digital dalam pembelajaran tematik kelas IV SD, serta menganalisis dampaknya terhadap keterlibatan, refleksi, dan hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di sebuah SD (jumlah 20 siswa). Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan tes kognitif. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam motivasi belajar dan kemampuan reflektif siswa, serta peningkatan ketuntasan hasil belajar tematik: siklu I mencapai 26,7%, dan siklus II meningkat menjadi 86,7%. Respons guru dan siswa terhadap penggunaan Google Sites juga sangat positif, menunjukkan portofolio ini praktis, mudah diakses, dan membangun kebiasaan dokumentasi pembelejaran secara mandiri
Referensi
Munawaroh, I. (2017). Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Deepublish.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitif, Kualitatif, dan R%D. Bandung: Alfabeta.
Wijayanti, S. A., % Arifin, M. B. (2022). Pemanfaatan Google Sites dalam Pembelajaran Tematik di Sekolag Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan Dasar, 7(2), 45-56.
Yuniarti, D. (2020). Portofolio Digital untuk Penilaian Autentik dalam Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(1), 18-27.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Portofolio. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Widodo, H. (2019). Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4(2), 101–110.
Yuliana, S. (2021). Penggunaan Google Sites dalam Pembelajaran Tematik Berbasis Proyek. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(3), 112–121.
Tampubolon, D. P. (2020). Penggunaan Google Sites sebagai Media Portofolio Digital pada Pembelajaran Daring. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 45–52.
Nugroho, A. (2020). Penggunaan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Digital Interaktif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 101–109.
Yuliana, S. (2021). Penggunaan Google Sites dalam Pembuatan E-Portfolio Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 14(1), 56–64.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 REKOGNISI : Jurnal Pendidikan dan Kependidikan (E-ISSN 2599-2260)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.