PENGARUH MEDIA VIDEO BERBASIS ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA di KELAS III SD PADA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA
Kata Kunci:
Video Animasi, Hasil Belajar, Sekolah DasarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar siswa dalam materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya. Dalam era digital, tekonlogi pembelajaran sangat penting untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain One Group Pretets-Posttest. Sampel penelitian ini terdiri dari 20 siswa kelas III di SD Negeri 122384. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media video animasi secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa, dengan nilai posttest yang lebih tinggi dibandingkan pretest. Penelitian ini memberikan bukti bahwa media interaktif dalam pendidikan, terutama dalam konteks pembelajaran yang membutuhkan visualisasi yang jelas dan menarik. Diharapkan, temuan ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar.
Referensi
Aulia, D., Astuti, Y. P., & Wahdian, A. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Digital ( Video Animasi ) terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 8(April), 4218–4226.
Kamalia, A., & Rahmadhar, Y. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 362–371.
Kumalasari, N., & Arifin, Z. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Video Animasi terhadap Pemahaman dan Kemandirian Siswa pada Pelajaran IPA Kelas 3B di SD Muhammadiyah 1 Bangkalan. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(1), 11–20.
Mita, H., & Qalbi, Z. (2020). JURNAL EDUCHILD (Pendidikan & Sosial). Pdfs.Semanticscholar.Org, 9(2), 83– 88.
Niken Arien Syah P, Enik S, Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi 1–8.
Pratiwi, N. I., & Kasriman, K. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Interaktif pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Materi Bentuk dan Fungsi Bagian Tumbuhan. Jurnal Basicedu, 6(4), 7257–7264.
Rachmawati, D. S., Setiyawati, E., & Sartika, S. B. (2023). pengaruh Media Nyata Terhadap hasil belajar The Effect Of Real Media On Cognitive Natural Science Learning Outcomes About Roots And Stems Material At 4th Grabe Of Sekolah Dasar. 2(April),
Rosyid Mahmudi, M., & Alena, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantu Video Animasi Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 53/VI Pasar Masurai II Kabupaten Merangin. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 14632– 14646.
Sudirman, Herman, N. A., & Shabir, A. (2024). Pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar. Bestari: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 47–57. Sugiono,2020:112. (2021). Pharmacognosy Magazine, 75(17), 399–405.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. 218–219.
Supriyani, M. D., Japa, I. G. N., & Margunayasa, I. G. (2021). Tingkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Dengan Media Video Animasi Pembelajaran. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 523–533.
Wicaksono, L., Tanjungpura, U., Barat, K., Ginting, D., Adiguna, P., Indonesia, M., Muhammad, M., Fadli, R., Metro, U. M., Sopacua, J., Pattimura, U., Ramadhan, A. I., Cantik, M., Aditya, P., Wicaksono, L., Ginting, D., Ramadhan, J., & Aditya, I. (2023). The effectiveness of animated video on social science learning outcomes and activeness in elementary school students. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 13(1), 38–48.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 REKOGNISI : Jurnal Pendidikan dan Kependidikan (E-ISSN 2599-2260)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.