IMPLEMENTASI METODE KOOPERATIF TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS IV SD IT ISLAMIYAH BELINTENG TAHUN AJARAN 2025/2026

Penulis

  • Nisa Anggraini Situmorang Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara
  • Astria Ayu Ramadianti Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara
  • Thessa Herdyana Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara

Kata Kunci:

Metode Pembelajaran, pembelajaran kooperatif, Hasil Belajar Matematika, Keterlibatan Siswa

Abstrak

Pentingnya penggunaan  metode yang bervariatif dalam pembelajaran dalam konteks pendidikan yang semakin berkembang seiring dengan kemajuan zaman. Salah satu aspek yang membutuhkan perhatian khusus adalah pembelajaran matematika untuk siswa SD. Penelitian ini bertujuan sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui apakah implementasi metode kooperatif TAI dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi operasi hitung bilangan bulat positif dan negatif di kelas IV SD IT Islamiyah Belinteng, (2) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat keaktifan siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode kooperatif TAI dalam pembelajaran di kelas IV SD IT Islamiyah Belinteng.

            Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD IT Islamiyah Belinteng yang berjumlah 24 siswa, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 9 siswa peremupuan. Peneliti menggunakan model penelitian tindakan dari Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Pada siklus pertama dilakukan dalam enam kali pertemuan dan pada siklus kedua juga enam kali pertemuan. Pada setiap siklus terdapat terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.

            Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa persentase siswa yang nilainya diatas KKM baru mencapai 62.5%, sehingga masih belum dapat mencapai kriteria keberhasilan penelitian. Pada siklus II langkah-langkah metode kooperatif TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan keberhasilan siswa dilakukan. Persentase nilai siswa yang diatas KKM pada siklus II meningkat menjadi 87.5%. Dan juga tingkat keaktifan siswa meningkat dari 54.14% pada saat prasiklus, 74 % pada siklus I dan siklus II mendapatkan skor 88.83% dan masuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa metode kooperatif TAI (Team Assisted Individualization) mampu meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa.

Referensi

Adolph, R. (2019). UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT POSITIF DAN NEGATIF PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 11 ALUR BANDUNG DENGAN MENERAPKAN METODE KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION). 3(1), 1–23.

Ahmad, Z., & Aryani, Z. (2023). Tekinik dan Pendekatan Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan di Sekolah Dasar. X.

Amran, A. (2024). Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Positif dan Negatif Pembelajaran Matematika Kelas IV SDN 15 Pulau Kumbang dengan Menerapkan Metode Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization). AKSIOMA : Jurnal Sains Ekonomi Dan Edukasi, 1(3), 133–147. https://doi.org/10.62335/bv8kfm91

Angga Putra, M. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Sekolah Dasar (A. T. Dewanti (ed.)). Jakad Media Publishing. https://books.google.co.id/books?id=lVs5EAAAQBAJ

Astuti, A. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menerapkan Model Team Assisted Individualization. JURNAL GLOBAL EDUKASI, 4(5), 311-317.

Aqib,Zainal dan Amrullah, A. (2018). PTK Penelitian Tindakan Kelas : Teori dan Aplikasi (S. F. suyantoro (ed.)). Andi Yogyakarta.

Dr. Irwan Kuswidi, M. S. (2018). Taktik Tokcer Kuasai Matematika SD/MI Kelas VI. Laksana. https://books.google.co.id/books?id=OtcyEAAAQBAJ

Dr. Rita Rahmaniati, M. P. (2024). MODEL – MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF. Uwais Inspirasi Indonesia . https://books.google.co.id/books?id

Faizah, H., & Kamal, R. (2024). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Basicedu.

Fahruddin. (2022). Sikap Ilmiah dalam Perspektif Model Pembelajaran Kooperatif. Penerbit NEM. https://books.google.co.id/books?id=JbpeEAAAQBAJ

Faturochman, D. (2018). Rumus lengkap Matematika SD. WahyuMedia. https://books.google.co.id/books?id=MRI_oDiuDZ8C

Lesmana, W., Sutisnawati, A., & Maulana, L. H. (2023). Model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individual untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(3), 1308-1305.

Luthfiyah, M. F. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?id=UVRtDwAAQBAJ

Mariyaningsih, N., & Hidayati, M. (2018). BUKAN KELAS BIASA: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-Kelas Inspiratif (A. K. Putra (ed.); Pertama). CV Kekata Group. https://books.google.co.id/books?id=JKJoDwAAQBAJ

Muhammad, T. (2018). METODE PEMBELAJARAN KOLABORATIF: Penggunaan Tools SPSS dan Video Scribe. EDU PUBLISHER. https://books.google.co.id/books?id=C9B5DwAAQBAJ

Muliawanti, S. F., Amalian, A. R., Nurasiah, I., Hayati, E., & Taslim, T. (2022). Analisis kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 860-869.

Naibaho, D. P. (2023). Strategi pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan pemahaman belajar peserta didik. Journal of Creative Student Research, 1(2), 81-91.

Niken Vioreza, M. P., Marhamah, S. P. M. E., Nugroho, B. T. A., Elis Solihat, M. P., Nur Hasanah, M. H., Oktaviana, E., Risma Dwi Arisona, M. P., & Meta Br Ginting, M. P. (2020). CALL FOR BOOK TEMA 4 (MODEL & METODE PEMBELAJARAN). Jakad Media Publishing. https://books.google.co.id

Nuryati, N., & Darsinah, D. (2021). Implementasi teori perkembangan kognitif jean piaget dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 153-162.

Norhayati. (2019). PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION ( TAI ) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN.

Nyoman Ayu Putri Lestari, S. P. M. P., Kadek Lina Kurniawati, S. P. M. P., Made Sri Astika Dewi, S. P. M. P., I Putu Agus Dharma Hita, S. P. M. O. A., Ni Made Ignityas Prima Astuti., M. P., & Fatmawan, A. R. (2023). Model-Model Pembelajaran untuk Kurikulum Merdeka di Era Society 5.0. Nilacakra. https://books.google.co.id/books?id=7F69EAAAQBAJ

Prof Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. CV Alfabeta.

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman konsep anak pada pembelajaran matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1-8.

Rifky, S., Suhirman, L., Kurniawati, I., Abdurahman, A., Sutiyatno, S., Santika, T., Nurjanah, N., Fihrisi, F., Nur, M. D. M., & Patriasih, R. (2024). Buku Ajar Model dan Strategi Pembelajaran. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=-sIFEQAAQBAJ

Rustanuarsi, R., Wendra, B., Sulisti, H., Mardikawati, B., Zulkarnain, Z., Latifah, L., Pasaribu, A. A., Supiyanto, S., Rianty, E., & Sari, I. K. (2024). Teori Bilangan : Fondasi dan Aplikasi. PT. Green Pustaka Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=meL4EAAAQBAJ

S.Pd, S., & Sd (2023). Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Positif dan Negatif Pembelajaran Matematika Kelas IV SDN 11 Alur Bandung dengan Menerapkan Metode Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization). ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan.

Sulaiman, S., Yendri, O., Suhirman, L., Rachmandhani, S., Baka, C., Djayadin, C., Ali, A., Judijanto, L., La’biran, R., & Nurhayati, A. (2024). Metode & Model Pembelajaran Abad 21: Teori, implementasi dan perkembangannya. PT. Green Pustaka Indonesia. https://books.google.co.id/books?id

Susnari, S. (2023). Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Positif dan Negatif Pembelajaran Matematika Kelas IV SDN 11 Alur Bandung dengan Menerapkan Metode Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization). ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(2), 27-43.

Untoro, D. J. (2020). Genius Matematika Kelas 6 SD Sesuai Kurikulum (Edisi Revisi). WahyuMedia. https://books.google.co.id/books?id=_crKIk4rds0C

Wahyudi, H., Irawati, T. N., & Siskawati, F. S. (2021). The Aplication of TAI Learning Model Based on PBI to Increase Activity and Mathematics Learnings Outcomes. Jurnal Axioma: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(2), 78-86.

Yolanda, D. D. (2020). Pemahaman konsep matematika dengan metode discovery. Guepedia.

Yogica, R., Muttaqiin, A., & Fitri, R. (2020). METODOLOGI PEMBELAJARAN: STRATEGI, PENDEKATAN, MODEL, METODE PEMBELAJARAN. IRDH Book Publisher. https://books.google.co.id/books?id=qCrxDwAAQBAJ

Unduhan

Diterbitkan

2025-12-04

Cara Mengutip

Situmorang, N. A., Ramadianti, A. A., & Herdyana, T. (2025). IMPLEMENTASI METODE KOOPERATIF TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS IV SD IT ISLAMIYAH BELINTENG TAHUN AJARAN 2025/2026. REKOGNISI : Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan (E-ISSN 2599-2260), 10(2), 1–24. Diambil dari https://jurnal.unusu.ac.id/index.php/rekognisi/article/view/249

Terbitan

Bagian

Articles