ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL DENGAN MINAT BELAJAR SISWA JURUSAN AUDIO VIDEO SMKN 4 MEDAN
Kata Kunci:
Media Pembelajaran Digital, Minat Belajar, Audio Video, Pendidikan KejuruanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran digital terhadap minat belajar siswa pada Jurusan Audio Video di SMK Negeri 4 Medan. Pemanfaatan media digital dalam pembelajaran menjadi semakin penting seiring meningkatnya kebutuhan akan visualisasi materi dan demonstrasi praktik, khususnya pada pendidikan kejuruan yang menuntut penguasaan keterampilan teknis. Media digital seperti video pembelajaran, animasi, simulasi interaktif, serta platform multimedia diyakini mampu menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan mudah dipahami. Namun demikian, respon siswa terhadap penggunaan media digital tidak selalu seragam; sebagian siswa menunjukkan antusiasme tinggi, sementara sebagian lainnya tetap kurang fokus dan kurang terlibat. Hal ini menunjukkan perlunya penelitian empiris untuk mengetahui sejauh mana penggunaan media digital berkontribusi terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa yang dipilih melalui teknik cluster sampling. Instrumen penelitian berupa angket skala Likert dengan 12 pernyataan yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data mencakup analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas dengan Cronbach Alpha, dan uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran digital berada pada kategori tinggi (mean = 3,97), begitu pula dengan minat belajar siswa yang juga berada pada kategori tinggi (mean = 3,90). Nilai Cronbach Alpha sebesar 0,706 menunjukkan instrumen memiliki konsistensi internal yang baik. Uji korelasi Pearson menghasilkan nilai r = 0,64 dengan p < 0,05, yang menandakan adanya hubungan positif dan signifikan antara penggunaan media digital dan minat belajar siswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi media digital yang tepat dan efektif dapat meningkatkan perhatian, keterlibatan, serta motivasi belajar siswa. Penelitian ini menegaskan pentingnya pemanfaatan media digital untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, terutama pada bidang kejuruan yang membutuhkan pembelajaran berbasis visual dan praktik teknis.
Referensi
Aiken, L. R. (2019). Correlation: Concepts and Applications. Routledge.
Arhas, S. H., Mirdayani, R., Niswaty, R., & Suprianto. (2023). The Influence of Using Learning Media on the Understanding of Office Administration Education Students at Universitas Negeri Makassar. Pinisi Journal of Education and Management, 2(3), 287–296.
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research Methods in Education (8th ed.). Routledge.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications.
Fitri, H. J., Salsabila, L., & Rahmawati, R. (2025). Penerapan media pembelajaran digital untuk meningkatkan minat belajar IPA peserta didik. Jurnal Sosial Sains dan Edukasi, 3(1), 21–30.
Mayer, R. E. (2021). Multimedia Learning (3rd ed.). Cambridge University Press.
Ningrat, M., Nurhayati, S., & Latif, A. (2024). Pengaruh media pembelajaran berbasis game pada minat belajar siswa di SMK Mutiara Ilmu Makassar. INTEC: Information Technology Education Journal, 1(1), 12–23.
Pallant, J. (2020). SPSS Survival Manual: A Step-by-Step Guide to Data Analysis Using IBM SPSS (7th ed.). Routledge.
Raharjo, R., Wiyati, I., Sutanto, S., Santoso, S., & Shokib Rondli, W. (2025). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Sdn 1 Sarirejo. Jurnal Guru Sekolah Dasar, 2(1), 50-60.
Rahman, I., Amaliyah, N., Amaliyah, A. M., Musdalifa, & Denggo, D. C. R. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Digital Terhadap Motivasi Belajar Siswa: Kajian Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Dasar Islam.
Rais, M., Sukmawati, S., & Hijriyah, U. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Digital terhadap Motivasi Belajar Siswa di Lingkungan Sekolah. JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 3(4).
Safitri, E. D., Wahyudi, W., & Rusdiani, N. I. (2024). Pengaruh media pembelajaran digital terhadap minat belajar anak usia dini. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 5(2).
Schunk, D. H., Meece, J. L., & Pintrich, P. R. (2020). Motivation in Education: Theory, Research, and Applications (5th ed.). Pearson.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2019). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach (7th ed.). Wiley.
Subakti, H., & Wardana, M. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif untuk Peningkatan Minat Belajar Siswa SMK. Jurnal Vokasi, 7(1), 45-56.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tavakol, M., & Dennick, R. (2017). Making sense of Cronbach’s alpha. International Journal of Medical Education, 2, 53–55
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 REKOGNISI : Jurnal Pendidikan dan Kependidikan (E-ISSN 2599-2260)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
