PENDEKATAN METAKOGNITIF BERBASIS MASALAH SEBAGAI PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Kata Kunci:
pendekatan metakognitif berbasis masalah, pembelajaran matematika, pemecahan masalah matematikaAbstrak
Pembelajaran dengan pendekatan metakognitif berbasis masalah dapat menumbuhkan kognitif siswa dalam menyelesaikan masalah. Dengan menyelesaikan masalah, siswa dapat mengatur dan mengontrol aktivitas kognitif siswa sehingga cara belajar siswa lebih efektif dan efisien, serta pola berpikir siswa semakin berkembang dan kreatif dalam menyelesaikan masalah. Pembelajaran yang diawali dengan pemberian masalah menumbuhkan tindakan metakognisi siswa, dapat memberikan kontribusi dalam membangun karakter siswa untuk menyadari berperilaku dalam belajar. Metakognisi memiliki dua komponen yaitu pengetahuan metakognitif dan keterampilan metakognitif. Dalam pembelajaran matematika, metakognisi siswa dapat ditumbuhkan pada setiap fase pemecahan masalah: memahami masalah, merencanakan/menentukan strategi pemecahan masalah, melaksanakan pemecahan sesuai yang direncanakan, dan menafsirkan/memeriksa kembali.
Referensi
Fauzi, Mhd. Kms. Amin. 2011. Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa dengan Pendekatan Pembelajaran Metakognitif di Sekolah Menengah Pertama. Bandung: Disertasi PPs UPI. Tidak Diterbitkan.
Blakey dan Spence. 1990. Developing Metacognition. ERIC Digest. (Online), (http://www.ericdigest.org/pre-9218/developing.htm).
Fasikhun. 2008. Implementasi Pembelajaran Kelompok Dengan Pendekatan Metakognitif Yang Berbasis Teknologi Dikemas Dalam CD Interaktif Pada Materi Geometri di MAN Babakan Tegal. Tesis PPs UNNES. Tidak Diterbitkan.
Haryati, F. 2015. (Online), (http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/1331/1180, diakses 11 Januari 2017).
Huitt, William G. 1997. Metacognition. (Online),(http://tip.psychology.org/-meta.html).
Johari, Maman. 2010. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pemecahan Masalah melalui Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: UPI.
Mulyana, E. DKK. 2014. Model Pengembangan Desain Didaktis Subject Specific Pedagogy Bidang Matematika Melalui Program Pendidikan Profesi Guru. Jurnal Pendidikan Matematika. UPI. (Online), (http://www.researchgate.net/publication/290501340), diakses 25 Desember 2017).
Nur, M. 2000. Strategi-Strategi Belajar. Makalah. Surabaya: Pusat Studi Matematika dan IPA Sekolah. OLRC News. 2004. Metacognition. (Online), (Error!Hyperlink reference notvalid./ohioeff/resource.doc, diakses 11 januari 2017).
Sehendra. Pembelajaran Matematika Kognitif. (online) (http://respository.upi.edu/operator/upload/artlppm2010suhendrapembelajaranmematikametakognitif.Pdf, diakses 11 Januari 2017).
Suryadi, D. 2010. Metapedadidaktik dan Didactical Design Research (DDR): Sintesis Hasil Pemikiran Berdasarkan Lesson Study. Bandung: FMIPA UPI.
Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Taccasu Project. 2008. Metacognition. (Online), (http://www.hku.hk/cepc/taccasu/ref/metacognition.html).