PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA
Kata Kunci:
media, pengembangan, video pembelajaranAbstrak
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) membuat pengembangan media video pembelajaran IPS untuk diterapkam sebagai media pembelajaran sebagai sumber belajar, (2) mengetahui respon siswa tentang media video pembelajaran IPS pokok bahasan Proklamasi kemerdekaan Indonesia sebagai media pembelajaran sebagai sumber belajarJenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan R & D Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara sistematis yang disesuaikan dengan karakteristik pelajaran dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) uji ahli materi mata pelajaran IPS berada pada kualifikasi sangat baik (95,00%), (2) uji ahli desain pembelajaran pada kualifikasi sangat baik (87,50%), (3) uji ahli desain grafis/ahli media kualifikasi sangat baik (92,50%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (93,33%), (5) uji coba kelompok kecil berada dikualifikasi sangat baik (91,39%), (6) uji coba lapangan berada dikualifikasi sangat baik (97,84%). Produk akhir dari pengembangan ini berupa video pembelajaran.
Referensi
Arsyad, A. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Dick, W & Carey, L. 2005. The systematic Design Of Instruction. United States America: Scott Foresman Company.
Purbarini. 2008. Pentingnya pendidikan IPS di Sekolah Dasar sebagai Kerangka Dasar Nation and Character Building. Dinamika Pendidikan Ilmu pendidikan, 1: 21-23.