UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN MELALUI METODE IMAGE STREAMING DENGAN MEDIA GAMBAR SERI

Penulis

  • Marhatillah Marhatillah STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Nora Akmalia STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Kata Kunci:

karangan, metode image streaming, media gambar seri

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa melalui metode image streaming menggunakan media gambar seri pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri Paya Peunaga Kecamatan Meureubo. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari pra tindakan dan dua siklus yang di dalamnya terdapat empat tahapan, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Paya Peunaga Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat yang berjumlah 28 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi dan validasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar tes dan lembar validasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian pada tahap pra tindakan hanya 8 orang siswa atau 28,6% siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata keseluruhan siswa adalah 57,14. Pada siklus I ada 17 siswa atau 60,7% yang mengalami ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata keseluruhan siswa adalah 65,2. Pada siklus II, 23 siswa atau 82,1% telah mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata siswa adalah 72,8. Hasil observasi pada kegiatan guru pada siklus I adalah 72,9% termasuk dalam kategori baik sedangkan pada siklus II mencapai 85,4% dalam kategori sangat baik. Hasil observasi pada kegiatan siswa pada siklus I adalah 68,2% termasuk dalam kategori cukup sedangkan pada siklus II mencapai 79,5% dalam kategori baik. Dengan demikian penggunaan metode image streaming dengan media gambar seri dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa kelas V SD Negeri Paya Peunaga.

Referensi

Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Djamarah, S. B. 2006. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Gie. L. 2009. Pengantar Dunia Karang Mengarang. Yogyakarta: Liberty.

Hardini, I. & Puspitasari, D. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu. Teori, konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Familia.

Mardhatillah. 2017. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V Sd Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Bina Gogik, 4 (1):54-64.

Nuroni. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumardjo. 2007. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Tarigan, H. G. 2010. Menulis Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa Indonesia. Cet.IV. Bandung: Angkasa.

Wenger, W. 2011. Beyond Teaching And Learning: Memadukan Quantum Teaching Dan Learning. Cet. IV. Bandung: Nuansa.

Unduhan

Diterbitkan

2017-12-01

Cara Mengutip

Marhatillah, M., & Akmalia, N. (2017). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN MELALUI METODE IMAGE STREAMING DENGAN MEDIA GAMBAR SERI. REKOGNISI : Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan (E-ISSN 2599-2260), 2(2), 55–68. Diambil dari https://jurnal.unusu.ac.id/index.php/rekognisi/article/view/66

Terbitan

Bagian

Articles