PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUHU DAN KALOR
Kata Kunci:
hasil belajar, problem posing, suhu dan kalorAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan hasil belajar fisika siswa pada pokok bahasan suhu dan kalor siswa kelas XI SMA Negeri 5 Padangsidimpuan Tahun Akademik 2017, (2) mengetahui hasil belajar tentang penerapan model pembelajaran problem posing pokok bahasan suhu dan panas sebagai dampak langsung (3) Untuk mengetahui hasil belajar tentang penerapan model pembelajaran problem posing pokok bahasan suhu dan panas sebagai dampak tidak langsung terhadap kemampuan dan sikap siswa kelas XI SMA Negeri 5 Padangsidimpuan Tahun Pengajaran 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus yang dilakukan pada pokok bahasan suhu dan bahan panas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 5 Padangsidimpuan, berjumlah 30 orang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) dampak langsung pada penerapan model pembelajaran problem posing pokok bahasan suhu dan panas kelas XI SMA Negeri 5 padangsidimpuan (2) dampak tidak langsung pada penerapan model pembelajaran problem posing pokok bahasan Suhu dan kalor untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 padangsidimpuan, para siswa mengetahui bahwa belajar bukan hanya tentang apa yang
dipelajari tapi mengapa dan bagaimana mempelajarinya Siswa juga bisa berkomunikasi dengan guru dan teman di sekolah. Proses pertukaran informasi, siswa memiliki
kepercayaan diri dan harga diri sehingga memiliki efek positif terhadap motivasi dan sikap ilmiah, serta memperoleh keterampilan belajar dan keterampilan hidup dari apa yang mereka temukan dalam proses belajar.
Referensi
Asmiarto, D. dkk. 2012. Panduan Belajar Fisika untuk Kelas 10 SMA. Yokyakarta: Primagama.
Budiningsih, A. 2005. Belajar dan Pembe-lajaran.Jakarta : Rineka Cipta.
Ibrahim, R. dan Nana S. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Herdian. 2009. Pembelajaran Problem Posing Untuk Meningkatkan Kecerdasan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Ismawati, H. 2007. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sains-Fisika Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Sub Pokok Bahasan Pemantulan Cahaya Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Semarang. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: UNNES
Kanginan, M. 2008. Fisika SMA Jilid 1 untuk Kelas X. Jakarta: Erlangga.
________ . 2008. Seribu Pena Fisika SMA untuk Kelas X Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Suharsimi, A. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
________ . dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Zaelani, A. dkk. 2009. 1700 Bank Soal Bimbingan Pemantapan Fisika SMA. Bandung: Yrama Widya.