PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Penulis

  • Irma Sari Daulay STAI Barumun Raya Sibuhuan

Kata Kunci:

motivasi belajar siswa, pembelajaran berbasis masalah, pemecahan masalah matematis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran biasa, (2) interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa (3) proses penyelesaian jawaban siswa saat menyelesaikan soal pemecahan masalah pada masing-masing pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Padang Bolak. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pretest-post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Padang Bolak, sedangkan sampelnya 30 siswa pada kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa pada kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket motivasi belajar siswa. Pengujian hipotesis statistik dalam penelitian ini menggunakan uji ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada pembelajaran biasa. Hasil peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis yang diberi pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran biasa adalah 0,16, itu dilihat dari N-Gain 0,53 menjadi 0,69, sedangkan peningkatan motivasi belajar siswa adalah 0,15 dilihat dari N-Gain 0,17 menjadi 0,32. (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa. (3) proses penyelesaian jawaban soal pemecahan masalah matematis siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan siswa yang diberi pembelajaran biasa.

Referensi

Achmad, N. 2011. Lima Kelemahan Mengajar Guru. (Online). (http://www.pusatartikel.com/, diakses 02 Oktober 2014).
Agus, dkk. 2012. Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Motivasi
Belajar dan Berpikir Kritis Siswa SMP, (online). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej.pdf. diakses 15 Oktober 2014.
Arends, R. 2007. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar Edisi Ketujuh/Buku Dua.
Terjemahan oleh Helly P. S. dan Sri M. S. 2008. Yokyakarta: Pustaka Belajar.
Dahar. R. W. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Erlangga.
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Depdiknas.
Dimyiati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan pembalajaran. Jakarta : Direktoral Jenderal Perguruan Tinggi Dekdikbud.
Hidayat, dkk. 2013. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Ruang Dimensi Tiga Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa.Jurnal Pendidikan Matematisa Solusi, (online). (http://Eprints.uns.ac.id/3896/1/1460-3258-1-PB.pdf, diakses 20 September 2014.
Hudojo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematisa. Malang: Penerbit Universitas Malang.
Permendikbud. 2013. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah atas/Madrasah Aliyah, Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
Saefudin, Abdul Aziz dkk. 2012. Pengembangan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematisa melalui Pendekatan Matematisa Realistik Indonesia (PMRI). Jurnal Nasional Al Bidayah, (Online), (http://journal.uinsuka.ac.id/ Albidayah/article/download/22/5, diakses 02 Oktober 2014). Vol 4 No.1
Santrock, W. 2008. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Terjemahan oleh Tri Wibowo. Jakarta: Kencana.

Unduhan

Diterbitkan

2017-12-01

Cara Mengutip

Daulay, I. S. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. REKOGNISI : Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan (E-ISSN 2599-2260), 2(2), 81–99. Diambil dari https://jurnal.unusu.ac.id/index.php/rekognisi/article/view/71

Terbitan

Bagian

Articles