MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH

Penulis

  • Nancy Angelia Purba STKIP Riama Medan

Kata Kunci:

model pembelajaran, pendidikan karakter, sekolah

Abstrak

Pendidikan karakter saat ini tidak memadai lagi diajarkan dengan metode pembelajaran tradisional yang cenderung didasari asumsi bahwa peserta didik memiliki kebutuhan yang sama, belajar dengan cara yang sama dan waktu yang sama, dalam ruang kelas yang tenang, dengan kegiatan materi pelajaran yang terstruktur secara ketat dan didominasi oleh guru. Metode pembelajaran tradisional tersebut dinilai tidak mampu mencapai tujuan pendidikan karena kurang mengakomodasi kelangsungan pengalaman peserta didik khususnya pada usia sekolah dasar masih mendambakan berlangsungnya pengalaman di lingkungan keluarga dapat dialami pula di sekolah. Pendidikan karakter merupakan suatu upaya sadar dan sungguh-sungguh dari seorang guru untuk mengajarkan nilai-nilai kepada para siswanya. Nilai-nilai tersebut dibangun secara berkesinambungan hari demi hari melalui pikiran dan perbuatan, pikiran demi pikiran, tindakan demi tindakan. Guru memiliki tugas dan tanggung jawab memberi tuntunan kepada peserta didik untuk menjadi manusia seutuhnya yang berkarakter dalam dimensi hati, pikir, raga, serta rasa dan karsa dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, pengalaman anak yang masih bersifat global tentu menuntut penerapan model pembelajaran yang relevan dengan karakteristik mereka. Oleh sebab itu, diperlukan model pembelajaran pendidikan karakter yang efektif di sekolah.

Referensi

Ambadar, dkk. 2010. Membentuk Karakter Pengusaha: Seri Manual Usaha Praktis. Bandung: Kaifa.
Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI). 2011. Praktik Etika Pendidikan di Seluruh Wilayah NKRI. Bandung: Alfabeta.
Koesoema, D. 2009. Pendidikan Karakter di Zaman Keblinger. Jakarta: Grasindo.
Lickona, T. 2013. Character Matters: Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas, dan Kebajikan Penting Lainnya. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Muslich, M. 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Munir, A. 2010. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pedagogia.
Wiyani, N. A. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pedagogia.
Samani, M. dan Hariyanto. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Soedarsono, S. 2004. Character Building: Membentuk Watak. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Unduhan

Diterbitkan

2017-12-01

Cara Mengutip

Purba, N. A. (2017). MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH. REKOGNISI : Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan (E-ISSN 2599-2260), 2(2), 100–109. Diambil dari https://jurnal.unusu.ac.id/index.php/rekognisi/article/view/72

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama