SELF-EFFICACY MATEMATIS MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER
Kata Kunci:
gender, efikasi-diriAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji self-efficacy matematis mahasiswa yang ditinjau berdasarkan gender. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif. Data diperoleh dari penyebaran skala self-efficacy kepada mahasiswa program studi pendidikan matematika di Universitas Malikussaleh sebanyak 38 orang yaitu 8 laki-laki dan 30 perempuan. Skala self-efficacy online disebar pada bulan April 2018 dengan masa dua minggu. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif menggunakan pendekatan kurva normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata self-effikasi matematis laki-laki sebesar 64 dan rerata self-efficacy matematis perempuan sebesar 59,83. Self-efficacy matematis mahasiswa laki-laki dan perempuan berada pada kategori sedang dan tinggi.
Referensi
Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. New York: Freeman
Fauzi, KMS.M.A. dan Firmansyah. (2011). Konstribusi Metakognisi di dalam Mengembangkan Self-Efficacy Matematis Siswa di Kelas, (Online), (http://digilib.unimed.ac.id, diakses 26 September 2014).
Narpila, S.D. (2015). Peningkatan Kemampuan Spasial Dan Self Efficacy Siswa Melalui Pembelajaran Inquiry Berbantuan Software Cabri 3d Di Kelas X Sma Ypk Medan. Tesis Tidak diterbitkan. Medan: Unimed.
Siregar, N. (2016). Hubungan Keyakinan Orang Tua dengan Self-Effcacy Matematis Siswa Kelas IV. Rekognisi: Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, Volume 1, No.1: 64-73.
Wade, C. dan Carol, T. (2008). Psikologi. Terjemahan oleh: Padang M. dan Dinastuti. Jakarta: Erlangga.
Woolfolk, A. Tanpa tahun. Educational Psychology Active Learning Edition Bagian Pertama. Terjemahan oleh: Soetjipto. (2009). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
_______. (2009). Educational Psychology Active Learning Edition Bagian Kedua. Terjemahan oleh: Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yates, T. H. (2014). Teachers' Self-Efficacy in Mathematics and Teaching Mathematics, Instructional Practices, and the Mississippi Curriculum Test, Second Edition for Mathematics in Grades 3-5. Dissertations. University of Southern Mississippi.
Zuya, H. E, et all. (2016). Pre-service Teachers’ Mathematics Self-efficacy and Mathematics Teaching Self-efficacy. Journal of Education and Practice Volume7, No.14: 93-98.