PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENINGKATAN SIKAP SELF-EFFICACY MAHASISWA
Kata Kunci:
Pembelajaran Berbasis Masalah, sikap self-efficacyAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan sikap self-efficacy antara mahasiswa yang diberi dengan mahasiswa yang diberi pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan mengambil sampel dari populasi yang ada. Variabel penelitian ini terdiri atas variabel bebas yaitu model pembelajaran berbasis masalah sedangkan variabel terikatnya yaitu sikap self-efficacy mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan di UMN Al-Washliyah Medan yang beralamat di Jalan Garu II No. 52 Medan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa prodi Pendidikan Matematika FKIP UMN Al-Washliyah Medan dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan matematika semester III dengan mengambil dua kelas yaitu III A dan III B secara acak (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket. Angket yang digunakan yaitu skala sikap self-efficacy (pre tes dan post tes). Data yang sudah dikumpulkan selanjutnya dianalisis dan dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji regresi. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh yaitu terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan sikap self-efficacy mahasiswa. Oleh karena itu, disarankan agar pembelajaran berbasis masalah dijadikan alternatif bagi dosen untuk meningkatkan sikap self-efficacy mahasiswa.
Referensi
Arends, R. (2007). Belajar untuk Mengajar Edisi Ketujuh/Buku Dua. Terjemahan oleh Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto.2008.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Eggen, P dan Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Terjemahkan oleh Satrio Wahono. 2012. Jakarta: PT Indeks.
Hasibuan, (2016). Perbedaan Self Efficacy Matematis Siswa Antara Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Geogebra dan Autograph di MAN 1 Medan. Jurnal Phytagoras. (Online). Vol.5 No.2, http://journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/view/469, di akses 7 September 2018).
Riskia, F. (2015). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Self Efficacy pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidkan Universitas Negeri Surabaya Angkatan Tahun 2015. Jurnal Psikologi Pendidikan. (Online). Vol. 4 No.1. (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/article/23037/17/article.pdf, diakses, 18 Agustus 2017).
Sariningsih, R. dan Purwarsih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika (JNPM). Vol. 1 No.1.(http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM/article/view/27, diakses 15 Agustus 2017).
Sugiarto. B. (2013). Sumbangan Metacognitive Self-Regulation dan Self-Efficacy Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Konsep Kimia Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 20 No. 2. (http://journal.um.ac.id/index.p hp/pendidikan-dan pembelajaran/article/view/4397/0, diakses 22 Agustus 2017).
Wiratmaja, A. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Selfefficacy dan Emotional Intelegence Siswa SMA. Tesis Tidak Diterbitkan. Program Pasca Sarjana UNDIKSHA: Singaraja.