PENANAMAN NILAI KARAKTER DAN NILAI – NILAI PANCASILA MELALUI MATA PELAJARAN PPKN PADA SISWA KELAS VIII-1 SMP NEGERI 1 TORGAMBA
Kata Kunci:
nilai karakter, nilai pancasila, pendidikan pancasila dan kewarganegaraanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penanaman nilai karakter dan nilai-nilai Pancasila pada siswa kelas VIII-1 Melalui mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Metode dalam penelitian ini dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Tekhnik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penanaman nilai karakter dan nilai-nilai Pancasila sudah berjalan sesuai yang diharapkan untuk menumbuhkan nilai karakter siswa. Melalui mata pelajaran PPKn guru sudah menanamkan nilai-nilai tersebut yaitu dimulai dari silabus, RPP dan proses pembelajaran di kelas sudah sesuai dengan yang diharapkan. Jadi upaya yang dilakukan oleh Guru PPKn dalam menumbuhkan nilai karakter dan nilai-nilai Pancasila melalui pembelajaran PPKn di kelas VIII-1 sudah berjalan dengan baik.
Referensi
Budiharjo. (2015). Pendidikan karakter bangsa (membangun karakter bangsa). Yogyakarta: Samudera Biru.
Kaelan. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi, Yogyakarta: Paradigma.
Hasan, dkk. S. H. (2010). “Pengembangan Penndidikan Budaya dan Karakter Bangsa,” Bahan Penguatan Pelatihan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa, (Jakarta, Puskur Balitbang Kemendiknas)
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2018 REKOGNISI : Jurnal Pendidikan dan Kependidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.