PODCAST CERITA CILIK SEBAGAI MEDIA PENGUATAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA RUMAH BACA PELITA BANGSA PANEITONGAH

Penulis

  • Mei Saragih Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Karina Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Candi Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Cristian Universitas HKBP Nomensen
  • Radode Universitas HKBP Nomensen

Kata Kunci:

Podcast, Menyimak, Siswa, Cerita Cilik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa melalui media podcast cerita cilik di Rumah Baca Pelita Bangsa Paneitongah. Penelitian dilakukan dengan metode tindakan kelas satu siklus yang melibatkan 30 siswa kelas IV. Kegiatan meliputi pretest, menyimak video dongeng, diskusi podcast, dan posttest. Hasil menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari 85,5 menjadi 94, dengan seluruh siswa mencapai ketuntasan. Media podcast terbukti efektif, menyenangkan, dan mampu meningkatkan partisipasi serta fokus siswa dalam pembelajaran menyimak.

Referensi

Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. New York: Longmans, Green and Co.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hidayatullah, R., & Lestari, A. (2020). Efektivitas Penggunaan Podcast sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar.

Lail, N., Anggraeni, I., Irmawan, M., Agustina, S., & Ertinawati, Y. (2025). Keberhasilan Menyimak Teks Prosedur pada Siswa SMP Kelas 7: Simulasi Pembelajaran dengan Mahasiswa Kelas C Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Angkatan 2024 Universitas Siliwangi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 7. https://doi.org/10.47134/jpbsi.v1i2.1590.

Latifah, D. N. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Learning : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 68-75. https://doi.org/10.51878/learning.v3i1.2067

Martoredjo, N. T. (2014). Keterampilan Mendengarkan Secara Aktif dalam Komunikasi Interpersonal. Humaniora, 5(1), 501–509. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i1.3067.

Nasution, A. (2020). Meningkatkan Minat dan Keaktifan Belajar Siswa melalui Media Audiovisual Interaktif. Jurnal Teknologi Pendidikan.

Nur Halijah Harahap, Chandra, & Inggria Kharisma. (2025). Analisis Kemampuan Menyimak Dengan Teks Aural Kelas 3 (Tiga) SD (Sekolah Dasar) Di Kecamatan Simpang Kanan. Jurnal Psikososial Dan Pendidikan, 1(2), 659–667. Retrieved from https://publisherqu.com/index.php/psikosospen/article/view/2597.

Nurfadhilah. (2021). Penggunaan Media Podcast dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa Kelas V SD Negeri 06 Guguak Randah. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar.

Rizkia, A., Hidayatullah, vMuhamad F., & Raju, S. (2024). The use of audiobooks as an alternative language learning in elementary school. Hipkin Journal of Educational Research, 1(1), 101-112. https://doi.org/10.64014/hipkin-jer.v1i1.10a.

Safarina, R., Sihaloho, F. A. S., & Lubis, R. H. H. (2020). The Influence Of Image Stimulation Media On Students’ Reading Ability In Class II Of State 105286 Tandam Hilir I Primary School. REKOGNISI : Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan (E-ISSN 2599-2260), 5(1), 29–38. Retrieved from https://jurnal.unusu.ac.id/index.php/rekognisi/article/view/132.

Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Wijayanti, R. (2022). Penggunaan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Menyimak di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.

Yusuf, M. (2025). Flipped Classroom: Revolusi Pengajaran dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 4(1), 27–44. https://doi.org/10.59373/academicus.v4i1.80.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Saragih, M., Kezia, K., Situmorang, C., Sinaga, C., & Simarmata, R. K. (2025). PODCAST CERITA CILIK SEBAGAI MEDIA PENGUATAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA RUMAH BACA PELITA BANGSA PANEITONGAH. REKOGNISI : Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan (E-ISSN 2599-2260), 10(1), 37–45. Diambil dari https://jurnal.unusu.ac.id/index.php/rekognisi/article/view/227

Terbitan

Bagian

Articles