EFEKTIFITAS METODE DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 104214 DELI SERDANG

Penulis

  • Desna Fitriana Barus Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara
  • Zon Saroha Ritonga Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara

Kata Kunci:

Effectiveness of Online Learning, Indonesian Language, Elementary School

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Mengetahui efektivitas metode tatap muka terhadap hasil belajar siswa Sekolah Dasar Negeri 104214 serta mengetahui efektivitas metode daring terhadap hasil belajar siswa SDN 104214.

            Penelitian ini adalah penelitian eksperimen  dengan teknik pengumpulan data observasi dan tes. Subyek penelitian adalah siswa kelas II A dan II B SD Negeri 104214 Delitua. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa pretest dan posttest yang digunakan untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa dan instrumen non tes berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran.

            Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat dikatakan bahwa keefektifitasan pembelajaran dengan metode daring terhadap hasil belajar siswa di SDN 104214 masih kurang dibandingkan dengan metode tatap muka yang mana hal tersebut dapat dilihat dari  rata-rata nilai post-test yang ada. Dimana pada kelas kontrol nilai rata-rata post-test ialah sebesar 77,00, sedangkan kelas eksperimen sebesar 60,50. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol lebih besar 17,50 dibandingkan dengan kelas eksperimen.

Referensi

Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Anas, Sudijono. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Bilfaqih, Y., Qomarudin, M.N. (2015). Esensi Penyusunan Materi Daring Untuk. Pendidikan Dan Pelatihan. Yogyakarta: DeePublish.
Isman. (2016). Pembelajaran Moda Dalam Jaringan (MODA DARING). Medan: Muhammadiyah University Press.
Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran. Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rohmah. (2016). Konsep E-Learning Dan Aplikasinya Pada Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: An-Nur.
Rusman, dkk. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan. Komunikasi : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:Rajawali Pers.
Slameto .(2010). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Soekanto, Soerjono. (2006). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: CV Rajawali.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2006. Jakarta : Depdiknas.
Usman, Moh.Uzer. 2005. Menjadi Guru profesional. Bandung : PT. Remaja. Rosdakarya.

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-01

Cara Mengutip

Barus, D. F., & Ritonga, Z. S. (2021). EFEKTIFITAS METODE DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 104214 DELI SERDANG. REKOGNISI : Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan (E-ISSN 2599-2260), 6(1), 29–35. Diambil dari https://jurnal.unusu.ac.id/index.php/rekognisi/article/view/85

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>