EFEKTIFITAS METODE DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 104214 DELI SERDANG
Kata Kunci:
Effectiveness of Online Learning, Indonesian Language, Elementary SchoolAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Mengetahui efektivitas metode tatap muka terhadap hasil belajar siswa Sekolah Dasar Negeri 104214 serta mengetahui efektivitas metode daring terhadap hasil belajar siswa SDN 104214.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan teknik pengumpulan data observasi dan tes. Subyek penelitian adalah siswa kelas II A dan II B SD Negeri 104214 Delitua. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa pretest dan posttest yang digunakan untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa dan instrumen non tes berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat dikatakan bahwa keefektifitasan pembelajaran dengan metode daring terhadap hasil belajar siswa di SDN 104214 masih kurang dibandingkan dengan metode tatap muka yang mana hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai post-test yang ada. Dimana pada kelas kontrol nilai rata-rata post-test ialah sebesar 77,00, sedangkan kelas eksperimen sebesar 60,50. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol lebih besar 17,50 dibandingkan dengan kelas eksperimen.
Referensi
Anas, Sudijono. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Bilfaqih, Y., Qomarudin, M.N. (2015). Esensi Penyusunan Materi Daring Untuk. Pendidikan Dan Pelatihan. Yogyakarta: DeePublish.
Isman. (2016). Pembelajaran Moda Dalam Jaringan (MODA DARING). Medan: Muhammadiyah University Press.
Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran. Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rohmah. (2016). Konsep E-Learning Dan Aplikasinya Pada Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: An-Nur.
Rusman, dkk. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan. Komunikasi : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:Rajawali Pers.
Slameto .(2010). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Soekanto, Soerjono. (2006). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: CV Rajawali.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2006. Jakarta : Depdiknas.
Usman, Moh.Uzer. 2005. Menjadi Guru profesional. Bandung : PT. Remaja. Rosdakarya.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 REKOGNISI : Jurnal Pendidikan dan Kependidikan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.